Hal yang Harus Diketahui Wisatawan Sebelum Berkunjung ke Pulau Komodo

Hal yang Harus Diketahui Wisatawan Sebelum Berkunjung ke Pulau Komodo

Pulau Komodo – Dari sekian banyak destinasi wisata di Labuan Bajo, nama Pulau Komodo pasti berada di posisi teratas. Objek wisata yang berada dalam kawasan Taman Nasional Komodo ini menghadirkan wisata edukasi melihat binatang purba dari dekat yang populasinya hanya ada di Indonesia. Selain itu wisatawan juga bisa bersantai dan menikmati pemandangan laut dari kejauhan di stop point Sulphurea Hill.

Namun sebelum menapakkan kaki ke Pulau Komodo untuk bertemu dengan komodo, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui agar waktu liburan kamu menjadi aman, nyaman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Silahkan disimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Pohon Adalah Rumah Bagi Komodo Kecil

Seperti yang kita tahu, komodo masuk dalam golongan hewan melata yang suka memanjat pohon. Namun hal itu hanya berlaku untuk komodo kecil saja, karena komodo dewasa akan sulit untuk memanjat pohon. Jadi, wisatawan yang berkunjung harus memperhatikan setiap pohon karena jangan sampai komodo kecil nemplok di kepala. Selalu ikuti ke mana pemandu melangkah ya, tapi kalau ke toilet jangan diikutin juga.

Ada satu fakta menarik dari komodo, ternyata komodo kecil akan terus tinggal di atas pohon hingga mereka cukup besar dan mampu bertahan hidup di daratan. Hal ini dilakukan untuk menghindar dari serangan komodo jantan.

2. Waspada Dengan Komodo Betina Yang Sedang Bertelur

Pemandu atau ranger biasanya akan menghindari daerah yang menjadi sarang komodo betina bertelur. Hal ini dilakukan agar komodo betina tidak merasa terganggu dengan kehadiran kita. Karena biasanya komodo betina akan sangat berbahaya dan lebih agresif kalau sedang dalam masa bertelur.

3. Komodo Adalah Binatang Buas

Mungkin saat berada di Taman Nasional Komodo kamu akan melihat komodo yang berdiam diri tanpa gerakan. Dan kamu berpikir itu adalah saat yang tepat untuk mendekat, tapi kenyataannya bukan seperti itu. Komodo adalah binatang buas yang bisa menyerang kapan saja. Jadi jangan bertindak semena-mena, dan harus selalu patuh dengan arahan ranger.

4. Musim Hujan dan Musim Kemarau

Kalau kamu ingin melihat pemandangan hijau yang menyegarkan mata, maka datanglah pada musim hujan. Karena saat musim kemarau, rumput-rumput dan pohon di seluruh wilayah Pulau Komodo akan mengering seperti pemandangan di wilayah Afrika.

5. Perhatikan Langkah dan Selalu Waspada

Hal yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung ke Pulau komodo adalah selalu waspada dan perhatikan setiap langkah karena pada dasarnya kamu sedang berada di kandang komodo. Jadi komodo bisa berada di mana saja termasuk di tempat makan ataupun toilet umum.

6. Wanita yang Sedang Menstruasi Dilarang Masuk

Sebagai informasi, komodo adalah binatang yang sangat sensitif dengan bau darah. Ia dapat mencium bau darah dari jarak yang sangat jauh. Jadi buat kamu yang sedang dalam masa haid atau menstruasi, ditunda dulu kunjungannya ke Pulau Komodo. Keselamatan diri jauh lebih penting dari sekedar melihat binatang purba pemakan daging ini.

Aturan Di Taman Nasional Komodo

1. Pengunjung dilarang mengambil apapun yang ada di Taman Nasional Komodo seperti tumbuhan, hewan bahkan pasir dan batu. Karena bila dilanggar akan membuat kawasan ini tidak lagi utuh seperti yang seharusnya.
2. Sama seperti tempat wisata lainnya, di Taman Nasional Komodo pengunjung harus membawa pulang sampah yang dihasilkan dan dilarang keras membuang sampah sembarangan.
3. Pengunjung tidak boleh memberi makan komodo dan satwa lain tanpa didampingi oleh pemandu atau ranger.
4. Pengunjung yang ingin menerbangkan drone harus meminta izin terlebih dahulu ke pihak pengelola.
5. Karena di Taman Nasional Komodo ada banyak rumput dan tumbuhan yang mudah terbakar, pengunjung dilarang keras berkemah dan menyalakan api.
6. Pengunjung tidak diperbolehkan bermain jet ski di perairan sekitar Taman Nasional Komodo.

Ada mitos yang beredar di Pulau Komodo bahwa wisatawan tidak diperkenankan menggunakan baju warna merah yang konon bisa membuat komodo menjadi liar dan agresif. Namun ternyata hal itu tidak benar, para pengunjung bebas memakai warna dan jenis baju apa saja selama masih dalam batas wajar. Nah itu dia ulasan tentang hal-hal yang harus kamu perhatikan dan ketahui sebelum berkunjung ke Pulau Komodo dan aturan-aturan yang ada di Pulau Komodo.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *